Gaya

Bolehkah Wanita yang Tengah Menstruasi Tenggak Minuman Soda?

TEMPO.CO, Jakarta -Menstruasi merupakan salah satu siklus yang dialami wanita setiap bulannya (sebelum usia menapouse), dan ada mitos minuman soda bisa percepat durasinya.

Salah satu mitos yang tersebar luas perihal menstruasi adalah dengan konsumsi minuman soda dapat melancarkan darah yang keluar sehingga bisa mempercepat durasi menstruasi.

Padahal, belum ada penelitian yang mengungkapkan korelasi antara minuman soda dengan durasi menstruasi pada wanita.

Soda dikenal sebagai minuman yang menyegarkan dan dapat dengan mudah dijumpai di supermarket atau toko kelontong sekitar rumah. Namun, jangan lupakan fakta bahwa soda juga termasuk varian minuman yang tidak baik untuk kesehatan.

Faktor utamanya yaitu karena kandungan gula pada minuman soda yang cukup tinggi.

Melansir dari healthline.com, setidaknya soda mengandung gula tambahan berupa sukrosa dan fruktosa dalam jumlah yang tidak sedikit.

Berikutnya : Minuman soda mengandung pula kafein yang tinggi sehingga bisa…

12 Selanjutnya

Soda juga mengandung kafein yang tinggi sehingga bisa memperburuk gejala haid, seperti perut kembung, kram perut, sakit kepala, dan gejala-gejala lainnya.

Dijelaskan dalam Journal of Taibah University Medical Science, konsumsi soda saat menstruasi justru bisa sebabkan penyempitan pembuluh darah. Kondisi yang juga dikenal dengan nama vasokonstriksi ini bisa meningkatkan rasa sakit pada perut ketika menstruasi.

Secara umum, minuman soda bisa menyebabkan perut kembung sehingga ketika dikonsumsi pada saat menstruasi, semakin memperparah gejala-gejala menstruasi.

Kandungan kafein pada minuman bersoda juga bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Melansir dari insider.com, tidak jarang hal ini juga dibarengi dengan meningkatnya rasa cemas dan ketegangan yang tidak nyaman pada tubuh.

Dengan demikian, minuman soda sebaiknya dihindari bagi wanita saat masa menstruasi. Sebab, kandungan gula dan kafein pada minuman soda memberikan rasa menganggu dan justru semakin memperburuk gejala-gejala haid. Salah satu gejala yang dihasilkan adalah perut yang semakin kembung ketika menstruasi. Selain itu, hindari mengonsumsi minuman jenis alkohol, olahan susu, dan minuman dengan tinggi kandungan gulanya.

NAOMY A. NUGRAHENIBaca : Sebab Area Kewanitaan Gatal saat Menstruasi Pembalut hingga Perubahan Miss V

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.