Gaya

Benarkah Makanan Pedas Picu Ambeien?

Ambeien atau wasir merupakan gangguan berupa pembengkakan atau peradangan pada anus. Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas secara berlebih dianggap menyebabkan timbulnya penyakit ambeien. Namun, apakah anggapan ini benar?

Makanan pedas memang dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan karena cenderung mengganggu keseimbangan perut. Namun, bukan berarti makanan pedas bisa menyebabkan ambeien.

Mengutip dari hemorrhoidsurgeonmd.com, hal itu dikarenakan mengonsumsi makanan yang bercita rasa pedas tidak memengaruhi pembuluh darah di daerah anus.

Menurut Will Bulsiewicz, ahli gastroenterologi di Mount Pleasant, Carolina Selatan, makanan pedas tidak menyebabkan ambeien, melainkan dapat memperburuk penderita ambeien.

“Makanan pedas dikenal sebagai stimulan saluran pencernaan dan sering dikaitkan dengan diare. Karena menyebabkan diare, makanan pedas dapat menimbulkan iritasi potensial pada pasien dengan gejala ambeien,” katanya.

Melansir dari laman livestrong.com, penyebab seseorang menderita ambeien justru disebabkan karena sembelit kronis, mengejan saat buang air besar, bahkan faktor gaya hidup seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, dan terlalu lama menghabiskan waktu untuk duduk.

Untuk itu, makanan pedas tidak berbahaya jika dikonsumsi dengan kadar yang secukupnya. selain itu, pola hidup sehat dengan meminimalisir faktor penyebab ambeien juga perlu diperhatikan supaya bebas dari ambeien.

RISMA DAMAYANTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.