Gaya

4 Manfaat Air Beras bagi Kesehatan Kulit

Air beras dikenal sebagai bahan alami yang bisa membuat rambut lebih kuat dan indah. Bahkan, dilansir dari healthline.com, air beras telah dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan sejak 1.000 tahun yang lalu di Jepang.

Tekstur yang lembut pada air beras mengandung nutrisi yang juga dapat menyehatkan kulit. Selain itu, bahan yang satu ini juga mudah dibuat sendiri di rumah. Berikut empat manfaat dari air beras untuk kesehatan kulit:

1. Air beras memiliki manfaat anti-penuaan

Dilansir dari healthshots.com, air beras kaya akan asam amino, antioksidan, dan mineral yang dapat memperlambat penuaan kulit. Air beras juga bisa menghambat aktivitas elastase, enzim yang berperan untuk penuaan kulit. Dengan demikian, air beras bisa menjaga elastisitas kulit dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

2. Air beras mencerahkan kulit

Dikutip dari healthline.com, air beras telah banyak digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit, seperti sabun muka, toner, dan krim. Hal ini karena kemampuan air beras dalam mencerahkan kulit atau mengurangi bercak hitam.

3. Air beras melindungi dari kanker kulit

Melansir dari femina.in, tidak hanya meningkatkan pertumbuhan dan regenerasi sel serta menjaga kulit tetap kenyal dan halus, air beras juga mengandung antioksidan yang berfungsi mencegah berbagai kanker kulit.

4. Air beras melembutkan kulit sensitif, termasuk jerawat

Pada 2002, sebuah penelitian dari Departemen Toksikologi di Vrije Universiteit Brussel, Belgia, menyatakan bahwa pasien kulit seperti peradangan, ruam, dan dermatitis mendapat manfaat besar dari mandi air beras sebanyak dua kali sehari. Kandungan pati yang tinggi dalam air beras sangat membantu merawat kulit sensitif.

NAOMY A. NUGRAHENI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.